Thursday, June 28, 2018

Penerapan Looping Do While Untuk Menampilkan Bilangan Prima Pada Bahasa Pemrograman C ++

Penerapan Looping Do While Untuk Menampilkan Bilangan Prima Pada Bahasa Pemrograman C ++

Pada Kesempatan kali ini saya akan membahas bagaimana mengimplementasikan permasalahan untuk menampilkan bilangan prima secara terkomputerisasi dalam bentuk sebuah program dengan menggunakan bahasa pemrograman C++. Bilangan prima adalah bilangan lebih besar dari 1 yang hanya dapat dibagi oleh dua bilangan berbeda, yakni bilangan itu sendiri dan 1.  Contohnya 2 hanya dapat dibagi oleh 2 dan 1. 2 hanya dapat difaktorkan menjadi 2 dan 1 (2 = 2 � 1). Jadi, bilangan prima terkecil adalah 2. Selain itu, 2 juga merupakan satu-satunya bilangan prima genap.

Jadi setelah tau apa itu bilangan prima, selanjutnya kita akan mengimplementasikan nya pada sebuah program. disini bahasa pemrograman yang saya gunakan adalah C++ dan IDE yang saya gunakan adalah dev C++. kalian bisa mendownloadnya dengan melakukan pencarian di google.

Langsung saja kalian ketikan source code di bawah ini dan kemudian kalian compile untuk menjalankan programnya.
#include<stdio.h>
#include<conio.h>
main()
{

int a,b,n,m,i,j;
b=0;

printf("bilangan prima dari: "); scanf("%d",&n);
printf("sampai: "); scanf("%d",&m);

i=n;

do
{

a=0;
i++;

j=1;
do
{
if(i%j==0) a++;
j++;
}
while(j<=i);
if (a==2){
b=b+i;
printf("%d\n",i);
}
}
while(i<=m);
getch();
}

Berikut ini adalah hasil dari compile yang saya lakukan, dan bilangan awal yang saya imputkan adalah 9 dan bilangan akhirnya adalah 20. maka setelah itu akan di tampilkan deret bilangan prima dari 9 sampai 20.
Hasil dari compile programnya
Sekian tutorial kali ini, semoga dengan adanya error pada program dapat membuat kita menjadi lebih jengah untuk menyelesaikan error tersebut. kita bisa karena terbiasa, menjadi programmer yang handal memang di butuhkan ketekunan dalam diri untuk terus melatih diri baik logika dan kemapuan lainnya yang di butuhkan. Salam hangat dan jangan lupa ngopi juga biar ngoding makin fokus. Terima kasih sudah berkunjung di blog gratisan ini.

Artikel Terkait


EmoticonEmoticon